Monday, July 5, 2010

bu yulia, aldo, rosie, dan jackie

aldo, rossie, dan jackie adalah satu keluarga. aldo dan rossie, ayah dan ibu. sedang jackie adalah anak. mereka bertiga golden retriver asli. keturunan anjing cerdas dengan bulu berwarna varian coklat yang berkilau. siapapun pasti setuju anjing jenis golden memang menggemaskan.

golden retriver adalah jenis anjing besar dan lincah. biasanya mereka tidak terlalu merepotkan. tapi yang namanya memelihara hewan, dibutuhkan kedisiplinan, komitmen, perhatian, dan cinta. satu ekor saja membutuhkan banyak energi, apalagi sampai tiga.

mungkin karena kerepotan itu pulalah si majikan menitipkan aldo dan keluarganya pada tetangga. lalu ia pindah entah kemana. tetangga yang dititipkan aldo dan keluarganya adalah sebuah keluarga dengan pekerjaan yang tidak tetap. rumah merekapun tidak cukup besar untuk tiga ekor golden. jadilah, aldo dan keluarganya ditempatkan di pinggir lapangan di sekitar rumah majikan barunya.


mereka berkeliaran begitu saja. tidak punya tempat berteduh. makan hanya bila majikan ingat saja. tidak pernah mandi dan berpenyakit kulit. sudah sejak setahun yang lalu bu Yulia memperhatikan aldo, rossie, dan jackie. mulai mereka masih terlihat sehat, hingga semakin lama semakin menyedihkan kondisinya. ia ingin sekali membawa pulang mereka bertiga. tapi para tetangga melarang dan memberitahu bahwa aldo ada yang punya. bu yulia sedikit gentar, karena tidak hanya pengangguran, pemilik aldo juga dikenal sebagai preman kampung. bu Yulia kemudian berinisiatif memberikan makanan pada anjing-anjing itu. ia melakukannya pada malam hari, khawatir si preman pengangguran itu tersinggung.

namun, kondisi aldo semakin membuat bu yulia tidak bisa menahan diri. ia tinggal kulit pembungkus tulang. kakinya gemetar, susah payah menahan tubuh. nekat, bu yulia membawa ketiga anjing itu lari menggunakan bajaj. si preman sialan itu mengejar ke rumahnya dan meminta bu yulia menebus aldo dan keluarga. dia minta berapa, bu? tanyaku. bu yulia terkekeh. tenang saja, saya tidak sampai jual tanah kok, jawabnya.


tapi buat apa anjing yang sakit?, tanyaku penasaran. inilah jawaban bu yulia, hewan seperti apapun kondisinya…tua, terluka parah, kelaparan, mereka punya hak untuk hidup. selama kita masih bisa melakukan sesuatu, kita harus menyelamatkan mereka. semisal pada akhirnya mereka mati, kita tidak akan pernah menyesal, karena kita sempat menyelamatkan mereka. kalau mereka sembuh dan sehat nantinya, mereka akan memberikan cinta pada kita sebagai tanda terimakasih.

wow!

sebulan tinggal bersama bu yulia, aldo dan keluarganya perlahan-lahan pulih. penyakit kulit aldo mulai sembuh. ia juga semakin gemuk. bulu-bulu coklat mereka mulai tumbuh kembali dan berkilau. aldo, rossie, dan jackie menjadi sangat manja pada bu yulia.

aku sudah seringkali melihat film yang bercerita bagaimana hewan peliharaan memberikan cinta pada majikannya, bahkan ada yang menyelamatkan nyawa majikannya. tapi mendengar langsung kisahnya, ternyata membuat merinding dan terharu.

selama 2 tahun ini usaha konveksi bu yulia mandeg. begitu aldo, rossie, dan jackie tinggal di rumahnya, tiba-tiba saja bu yulia kebanjiran order. kalau kamu bantu mahluk lain, percaya deh Tuhan pasti bantu kamu, kata bu yulia.

bu yulia kemudian menghubungi sebuah lembaga nirlaba yang bergerak di domestic animal welfare. ia ingin aldo dan keluarganya diadopsi. ia sadar, dia tidak boleh egois. meskipun ia berhasil menyelamatkan, aldo dan keluarganya membutuhkan tempat yang lebih baik dari rumahnya. “rumah saya panas, lagipula golden retriver itu butuh tempat yang lebih luas. mereka lebih baik diadopsi. meski saya sedih, tapi ini yang terbaik untuk mereka,” jawab bu yulia dengan mata berkaca-kaca.

No comments:

Post a Comment